Pages

MySQL 5.4

Senin, 04 Mei 2009


Indonesia, 1 Mei 2009 – Sun Microsystems, Inc. (NASDAQ: JAVA) baru-baru ini mengumumkan kehadiran MySQL 5.4, sebuah versi terbaru database open source paling populer di dunia, yang dirancang untuk memberikan peningkatan kinerja dan skalabilitas yang signifikan pada aplikasi MySQL. Versi preview MySQL 5.4 kini bisa didownload di http://www.mysql.com/5.4.

Pengumuman tersebut disampaikan pada acara MySQL Conference & Expo tahunan ketujuh yang diadakan baru-baru ini di Santa Clara Convention Center. Dihadiri oleh lebih dari 2.000 peserta, ini merupakan acara terbesar bagi para pengembang database open source, DBA, vendor dan manajer perusahaan TI.

MySQL 5.4 menampilkan peningkatan kinerja dan skalabilitas yang memungkinkan mesin storage InnoDB untuk memproses server x86 16-way dan server CMT 64-way. MySQL 5.4 juga meliputi optimalisasi subquery baru dan peningkatan JOIN, yang menghasilkan waktu respon 90% lebih baik untuk query tertentu*. Hasil dari kinerja dan skalabilitas tesebut bersifat transparan dan tidak membutuhkan aplikasi atau kode SQL tambahan untuk memnafaatkannya.

Melalui sambutannya pada saat konferensi, Karen Tegan Padir, vice president dari Sun MySQL dan Software Infrastructure Group, menjelaskan kepada komunitas MySQL, “Tanpa ada modifikasi terhadap aplikasi anda, MySQL 5.4 dapat langsung meningkatkan kinerja dan skalabilitas aplikasi, untuk memungkinkan aplikasi tersebut beroperasi dengan pengguna yang memiliki kebutuhan dan beban pengolahan data yang lebih tinggi. MySQL 5.4 juga lebih disesuaikan untuk penggunaan yang lebih luas pada sistem SMP. Download contohnya dan kirimkan pendapat anda – kami ingin ini menjadi rilis MySQL tercepat dengan kualitas tertinggi yang pernah ada.”

“Uji coba awal kami terhadap MySQL 5.4 menunjukkan bahwa kinerja aplikasi kami lebih cepat hingga 40%,” ujar Phil Hildebrand, manager Database & Deployments Platform. “Kami akan terus menindaklanjuti rilis ini secara intensif untuk peningkatan selanjutnya.”



Fitur-fitur My SQL 5.4 & Manfaatnya

Sejumlah fitur enterprise baru dan peningkatan menarik yang dirancang untuk MySQL 5.4 meliputi:

• Peningkatan skalabilitas – peningkatan ini memungkinkan mesin storage InnoDB untuk memproses server x86 16-way dan server CMT 64-way, lebih dari dua kali lipat kemampuan sebelumnya;

• Optimalisasi Subquery – meningkatkan kinerja operasional query yang analitis, dengan beberapa subquery yang kini beroperasi dalam waktu yang jauh lebih cepat dari versi MySQL sebelumnya;

• Algoritme query baru – memanfaatkan memori utama untuk mempercepat proses penggabungan multi-way, khususnya untuk MySQL Cluster karena jumlah round-trip antara server dengan cluster sudah diminimalisir;

• Peningkatan prosedur penyimpanan – memungkinkan pengelolaan error melalui penerapan fungsi SIGNAL/RESIGNAL, sehingga aplikasi dapat dengan lebih mudah diproses oleh prosedur yang disimpan untuk logika bisnis;

• Peningkatan persiapan statement – kini parameter hasil akan didukung oleh statement yang sudah dipersiapkan, yang juga meningkatkan fungsionalitas;

• Peningkatan Perencanaan Informasi – memberi akses metadata yang lebih pada parameter dan jenis return data yang digunakan oleh prosedur yang sudah tersimpan, yang memungkinkan lebih banyak lagi informasi yang dapat disediakan bagi para pengembang dengan menggunakan penghubung seperti ODBC dan JDBC;

• Peningkatan dukungan DTrace – meningkatkan kapabilitas diagnosa dan troubleshooting untuk MySQL pada Sistem Operasi Solaris.

Platform & Ketersediaan yang didukung

MySQL 5.4 akan tersedia untuk umum dalam berbagai jenis platform hardware dan software, termasuk Red Hat Enterprise Linux, SuSE Enterprise Linux, Microsoft Windows, Sun Solaris 10, Mac OS X, Free BSD, HP-UX, IBM AIX, IBM i5/OS dan distribusi Linux populer lainnya.

Contoh MySQL 5.4 saat ini dapat didownload di http://www.mysql.com/5.4 untuk Linux versi 64 bit dan Sistem Operasi Solaris 10. Perkiraan tanggal rilis versi GA akan diumumkan selanjutnya tahun ini, sesuai dengan tanggapan dari komunitas.

Tentang Database MySQL Sun
MySQL adalah software database open source yang paling populer di dunia. Banyak organisasi terbesar dan yang perkembangannya paling pesat di dunia menggunakan MySQL untuk menghemat konsumsi waktu dan uang untuk menggerakkan website mereka yang memiliki beban volume tinggi, sistem bisnis yang kritis, jaringan komunikasi, dan software komersial. Di www.mysql.com, Sun menyediakan fasilitas berlangganan dan layanan bagi perusahaan, dan memberi dukungan aktif bagi komunitas pengembang MySQL open source yang besar.



Tentang Sun Microsystems, Inc.
Sun Microsystems mengembangkan berbagai teknologi yang menggerakkan pasar global. Berdasarkan visi tunggalnya -- "The Network is the Computer (TM)" -- Sun mempelopori partisipasi jaringan melalui inovasi, pengembangan komunitas dan kepemimpinan dalam open source. Sun berada di lebih dari 100 negara serta dapat dilihat di http://sun.com.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar