Pages

mbah google orang mana sich

Senin, 04 Mei 2009

Semakin banyaknya situs yang ada di internet, tentunya semakin banyak pilihan halaman yang bisa kita buka dan baca-baca. Namun bagaimana kita mengetahui situs yang mana yang menyediakan informasi yang kita cari?

Disitulah fungsi mesin pencari, yang keterangan lengkapnya bisa dibaca di wikipedia. Daripada saya artikan sendiri malah salah, karena “mesin” itu menurut saya bisa menjadi rasa garam, bisa juga salah satu nama kode barang di Amazon.

Mesin pencari itu ibarat sebuah katalog dalam perpustakaan. Daripada mencari-cari buku diantara rak yang banyak jumlahnya, kita cukup mencarinya di katalog perpustakaan tersebut.

Saat ini ada banyak macam mesin pencari (search engine), misalnya:

Saat kita sedang mencari sebuah informasi yang kita inginkan, tinggal buka saja situs-situs diatas kemudian ketikkan apa yang ingin kita cari. Setelah muncul daftar situsnya, tinggal dibuka satu persatu. Jika memang informasi yang kita cari itu sudah ada yang menyediakan, pasti ketemu. Karena Google, Yahoo! dan sebangsanya itu bisa dikatakan serba tahu.

Misalnya saya ingin mencari plugin photoshop, maka saya buka google.com / google.co.id kemudian mengetikkan kata pencarian di kotak yang ada.

pencarian google

Perlu diingat bahwa kata-kata yang terbalik urutan penulisannya akan memunculkan hasil yang berbeda juga. Misalnya photoshop plugins akan berbeda dengan plugin photoshop.

Saya rasa ini sudah umum diketahui, karena mayoritas pembaca blog ini datang dari search engine juga. Saya menulis ini hanya untuk mengingatkan, karena saya merasa masih saja ada yang sering menanyakan pada saya informasi atau hal-hal yang sudah ada banyak di internet. Informasi yang saya punyai terbatas sekali, tidak selalu bisa memberikan jawaban yang lengkap. Seringkali lebih lengkap jika dicari di internet melalui search engine tadi.

Biasakanlah mencari tahu sendiri terlebih dulu, agar kita tidak selalu tergantung dengan orang lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar