Pages

Memaksimalkan Kapasitas RAM pada Operating System

Jumat, 10 April 2009

Beberapa hari terakhir ada rasa penasaran yang mesti segera terobati. Kejadiannya adalah ketika saya merakit seperangkat CPU dengan prosesor intel 4 inti dengan 4 GB memori dan saya pasang OpenSuse 11 untuk dimuati aplikasi kimia komputasi yang hanya jalan di linux. Setelah dilakukan pengecekan memory yang terbaca hanya 3 koma sekian GB saja. Padahal secara fisik memori yang saya gunakan adalah 2 keping memori @ 2 GB.

Saya mengira itu terjadi hanya di linux, ternyata setelah saya install windows xp sp2 kejadiannya sama. Teman saya yang juga baru merakit komputer untuk tujuan running riset kimia komputasi dengan memori sebesar 8 GB juga mengalami hal yang sama. Niat menggunakan RAM sebesar itu adalah agar running aplikasi yang memakan waktu lama bisa terkurangi. Alhasil semua terkendala bahwa memori yang disediakan tak termanfaatkan secara keseluruhan.

Kejadian serupa juga saya temui ketika lab kimia komputasi AIC jurusan Kimia UGM baru saja menambah 5 PC dengan masing-masing memori 4 GB, ternyata juga tidak terbaca/terpakai secara menyeluruh. Komplainpun dilayangkan ke penjual, setelah saya mendengar penjelasan dari penjual saya gak puas, tapi gak punya hak untuk komplain. Bahkan di buku manual motherboard pun sudah diwanti-wanti kalau RAM yang terpasang 4 GB maka akan dikenali oleh OS sistem 32 bit hanyalah 3,.. GB saja.

Akhirnya saya browsing di rumah dengan HAIER-Smart dengan kesabaran penuh (saking leletnya karena akses gratis) saya dapatkan link yang bisa sedikit menyenangkan… :) mudahan lancar sesuai kemauan… (sebab PC sekarang di lab selasa nanti baru bisa dipraktekan).
OK… Langkah untuk tujuan tadi adalah dengan mengaktifkan PAE (Physical Address Extesion) yang secara default memang belum diaktifkan.

2 komentar:

  1. post nya bagus..............
    terus berkarya ya...........

    BalasHapus